Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Standar Kompetensi Lulusan

"Menjadi Institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas dan keterampilan dalam mewujudkan SDM maju"

01

Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.

02

Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

03

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

04

Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.

05

Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.

Tujuan

a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.

b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.

c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional. 

Sasaran

a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.

b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.

c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global 

Nilai

a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional. 

PPEPP

Rasionale Standar Kompetensi Lulusan

Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian

Pihak yang Bertanggung-jawab untuk Mencapai Standar Kompetensi Lulusan

1. Perumusan

Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

2. Penetapan  

Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

3. Pelaksanaan

Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa.

4. Evaluasi 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

5. Pengendalian 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

6. Peningkatan 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Standar Kompetensi Lulusan

Indikator Capaian Standar Kompetensi Lulusan

01

Setiap Program Studi wajib menetapkan kompetensi lulusan yang memenuhi Standar Kompetensi Lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

  • Kurikulum Operasional Program Studi memuat Rumusan Capaian Pembelajaran lulusan pada aspek: Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus, paling minimal sama atau memiliki makna sama dengan Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
  • Kurikulum Politeknik Pariwisata NHI Bandung terdiri atas: Wajib Nasional (kode A), Wajib Institusi (Kode B) dan Kevokasian (Kode C)
  • Kompetensi lulusan mengacu pada:   
    1) Kualifikasi Nasional Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
    2) Kualifikasi Internasional sebagai Standar lampauan
  • Lulusan program studi mendapatkan ijazah dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang berisi:
    1) Periode Lulus Sidang
    2) Prestasi akademik,
    3) Prestasi non-akademik,
    4) Pengalaman Organisasi,
    5) Magang Industri/Pengalaman Kerja/ Internship, dan
    6) Pendidikan Karakter
  • Melampirkan sertifikat Uji Kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

02

Setiap Program Studi wajib melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kompetensi Lulusan yang sudah ditetapkan.

  • Kompetensi yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan dijadikan sebagai acuan utama pengembangan:
    1. standar isi pembelajaran
    2. standar proses pembelajaran
    3. standar penilaian pembelajaran
    4. standar dosen dan tenaga kependidikan
    5. standar sarana dan prasarana pembelajaran
    6. standar pengelolaan pembelajaran
    7. standar pembiayaan pembelajaran
  • Rencana Pembelajaran Semester (RPS) setiap mata kuliah mencantumkan capaian pembelajaran mata kuliah yang diturunkan dari capaian pembelajaran lulusan.
  • Kesesuaian metode pembelajaran dan kriteria penilaian yang dicantumkan pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan capaian pembelajaran mata kuliah.
  • Terdapat analisa kesesuaian berita acara pembelajaran dengan rencana pembelajaran semester.

03

Setiap lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung wajib mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang ditetapkan Program Studi yang diikuti.

  • Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00
  • Nilai kelulusan minimal mata kuliah 2,75
  • Total Persentase Drop Out dan Resign dibawah 5%

Manual Standar Kompetensi Lulusan

01. Manual Penetapan Standar Kompetensi Lulusan

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penetapan Standar Kompetensi Lulusan

02. Manual Pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi LulusanSOP-PPNHIB-PPM-03
Kegiatan Orientasi KerjaSOP-PPNHIB-SDP-07
Uji Kompetensi MBPSOP-PPNHIB-MBP-13
Sertifikasi Reservasi dan TicketingSOP-PPNHIB-MBP-14
KompetisiSOP- PPNHIB-MDK -11
Kegiatan EksibisiSOP- PPNHIB-MDK -13
Seminar Bisnis KewirausahaanSOP-PPNHIB-PPS-20
Tugas Akhir SOP-PPNHIB-MTB-13FM-PPNHIB-AAK-09.a-01. PERMOHONAN PENELITIAN
FM-PPNHIB-AAK-09.a-02. USULAN PENELITIAN TUGAS AKHIR
FM-PPNHIB-AAK-09.a-03. CLEARENS CARD SIDANG
FM-PPNHIB-AAK-09.a-04. PENGESAHAN JUDUL

Analisa Tracer Study SOP-PPNHIB-MTB-16
SOP Melaksanakan Asesmen SOP-PPNHIB-LSP-02FM-LSP-02-01 FR.APL.01 Permohonan Sertifikasi Kompetensi
FM-LSP-02-02 Daftar hadir asesi
FM-LSP-02-03 Undangan Rapat Koordinator UJK
FM-LSP-02-04 Surat Permohonan Pengajuan Blanko
FM-LSP-02-06 layout Klaster dan Kualifikasi
FM-LSP-02-07 Daftar Hadir Kordinator Rapat UJK
FM-LSP-02- 08 layout Klaster dan Kualifikasi
FM-LSP-02-09 RISALAH RAPAT LSP – UJK
FM-LSP-02-10 contoh sertifikat mahasiswa

03. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan

04. Manual Pengendalian Standar Kompetensi Lulusan

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pengendalian Standar Kompetensi Lulusan

05. Manual Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan

Dokumen Terkait dan Referensi

01. Daftar Prosedur

No.Nama Prosedur Kode Prosedur 
1.Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi LulusanSOP-PPNHIB-PPM-03
2.Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
Kegiatan Orientasi Kerja
SOP-PPNHIB-SDP-07
3.Uji Kompetensi MBPSOP-PPNHIB-MBP-13
4.Sertifikasi Reservasi dan TicketingSOP-PPNHIB-MBP-14
5.KompetisiSOP- PPNHIB-MDK -11
6.Kegiatan EksibisiSOP- PPNHIB-MDK -13
7.Seminar Bisnis KewirausahaanSOP-PPNHIB-PPS-20
8.Tugas Akhir SOP-PPNHIB-MTB-13
9.Analisa Tracer Study SOP-PPNHIB-MTB-16
10.SOP Melaksanakan Asesmen SOP-PPNHIB-LSP-02

02. Daftar Panduan

No.Nama PanduanKode Panduan 
1.

03. Daftar Formulir

No. Nama PanduanKode Panduan 
1.PERMOHONAN PENELITIANFM-PPNHIB-AAK-09.a-01.
2.USULAN PENELITIAN TUGAS AKHIRFM-PPNHIB-AAK-09.a-02.
3.CLEARENS CARD SIDANGFM-PPNHIB-AAK-09.a-03.
4.PENGESAHAN JUDULFM-PPNHIB-AAK-09.a-04.

04. Daftar Template

NoNama TemplateKode Template
1.

"Countinous Quality Improvement"

Address

Jl. Dr. Setiabudhi No, 186
Bandung - 40141
Jawa Barat - Indonesia


Contacts

Email: kspm@poltekpar-nhi.ac.id
Phone: +62 (22) 2011456
Fax: +62 (22) 2012097